Tips Membeli Laptop Second/Bekas Berkualitas

Tips membeli Laptop seken berkualitas.
Tips membeli Laptop seken berkualitas.

Tips Membeli Laptop Second Berkualitas - Lama ga post nih, karena ada kesibukan di dunia nyata. Maaf juga buat yang tanya password rar agak lama dibalasnya, lain kali ga bakal di password deh :D. OK kali ini saya akan berbagi beberapa tips buat kalian-kalian yang mau membeli laptop dengan kondisi second/seken/2nd/bekas. Postingan ini dibuat berdasarkan pengalaman saya sendiri karena ketika membeli beberapa barang elektronik "dibohongi" penjual.

Kalian pasti pernah membeli barang second/bekas kan, sekarang kita dapat membeli barang second/bekas melalui marketplace online. Nah, kadang karena melalui online kita akhirnya tidak bisa melihat kondisi fisik barang secara langsung, dan ini biasanya kita hanya bisa berharap dengan kejujuran penjual. Adapula situs iklan yang menyediakan jasa untuk mengiklankan produk penjual namun biasanya dari admin situs memberitahukan agar transaksi dilakukan secara COD (Cash On Delivery) sehingga apabila barang yang kita beli tidak sesuai dengan yang diharapkan kita bisa membatalkan pembelian.

Nah cukup intro nya, ini dia tips membeli laptop second/bekas yang berkualitas.

Tanyakan Umur Barang
Sekedar informasi barang-barang elektronik termasuk laptop second/bekas biasanya memiliki umur berdasarkan kondisi pemakaian pengguna nya, jadi jangan malu untuk bertanya pada penjual sudah berapa lama dia memakai laptop second/bekas yang dijualnya, apakah barang ini dalam kondisi baru ketika berada ditempat penjual. Jika baru anda bisa sedikit lega, dan jika penjual mendapatkan laptop dalam kondisi seken maka kamu memerlukan tips berikutnya.

Baca juga : Menjalankan file *.CSO di PSP

Tanyakan Minus/Kekurangan
Minus / kekurangan barang adalah keadaan dimana barang yang dijual mengalami cacat, baik itu cacat fisik (lecet, patah, pecah, dll) ataupun cacat non fisik (os perlu instal ulang, bootloop, dll). Cek kejujuran penjual dengan menanyakan hal ini, karena apabila penjual jujur maka tidak akan ada penyesalan dalam membeli laptop second/bekas. 

Cek Perangkat Hardware
Setelah kamu bertanya apa saja minus yang ada pada laptop second/bekas itu, saat nya kamu mengecek perangkatnya. yang pertama dicek adalah :
  • Mesin, pastikan laptop second/bekas bisa menyala dengan baik (kecuali kamu memerlukan part -nya saja). Caranya adalah dengan cara mematikan dan menghidupkan laptop second/bekas (bukan restart ya)
  • Layar, pastikan tidak ada dead pixel, led bocor, garis, dll. Caranya adalah dengan mengganti background layar dengan warna putih dan ubah pengaturan cahaya menjadi paling terang.
  • Flexible layar, ini perlu di cek dengan membuka dan menutup layar laptop jika tidak ada masalah dengan flexible maka kegiatan ini tidak akan berpengaruh apa-apa.
  • Keyboard, untuk mengecek keyboard kamu bisa menahan kedua tombol shift kemudian menekan masing-masing tuts keyboard.
  • Baterai, cara mengecek kondisi baterai bisa dengan software "baterry care" atau dengan cara memperhatikan berapa persen isi baterai yang berkurang setelah kamu mematikan dan menyalakan laptop.
  • Port Charger, cobalah mengecas laptop jika bisa berarti port charger anda aman :D
  • Port USB, cobalah dengan mengecek port USB laptop dengan menancapkan flashdisk ke masing-masing port. Khusus untuk port USB 3.0 usahakan kamu memiliki Device yang juga sudah USB 3.0, bisa repot kalau mau nancepin FD malah ga kebaca :D
Baca Juga : Laptop atau PC Gaming, pilih yang mana?
  • Jack mic/headset, coba lah dengan menggunakan headset yang kamu punya apakah bisa atau tidak, kan susah kalau mau "nonton" kalau suaranya keluar :D
  • Touchpad dan klik kanan kiri, ini juga kudu di cek apakah bisa atau tidak karena kurang mobile kalau kita mau make laptop mesti bawa mouse kemana-mana kan.
  • Port Ethernet/LAN, kalau kamu teknisi jaringan ini yang paling utama, kalau sampai port RJ 45 ini rusak karena "kerasukan" debu kan jaringan punya kalian yang dalam bahaya :D
  • Port VGA atau HDMI, laptop keluaran baru sekarang rata-rata tipis dengan efek samping port VGA dipangkas dan diupgrade dengan menggunakan port HDMI, nah kedua port ini menjadi penting ketika kalian mau presentasi "Tugas Akhir" wkwk. jadi cek lah sebelum terlambat :D
  • DVD drive, ini juga part yang sering ketinggalan dicek orang, jadi ketika anda membaca tulisan ini pastikan anda tidak lupa mengecek nya, karena jika anda membeli laptop dengan DVD drive yang rusak berarti anda akan rugi 100-250 ribu, dan juga device satu ini penting buat kalian yang akan memburning data "Tugas Akhir" :D
  • Baut, nah ini komponen yang paling jarang orang perhatikan, jadi perhatikan setiap lubang di bawah laptop, dan pastikan setiap lubang telah terisi dengan baut :D
Jika kamu menemukan cacat diluar apa yang disampaikan penjual maka kamu jangan ragu untuk menurunkan harga dari kesepakatan, jika penjual tidak mau ada baik nya cancel saja karena penjual sudah tidak ada niat baik. Kunci utama dalam membeli Laptop Second/Bekas Berkualitas adalah Teliti dan Sabar. Sabar agar tidak terburu-buru membeli ketika kita menemukan minus diluar perkataan penjual, dan penjual tidak mau menurunkan harga. Teliti dalam mencari kekurangan di Laptop agar tidak terjadi penyesalan.

Untuk kali ini hanya membahas pengecekan hardware, tulisan berikutnya saya akan membahas pengecekan sistem :D. tunggu postingan selanjutnya ya, jangan lupa menuliskan komentar atas tulisan ini ya.

Comments

  1. periksa jack dengan seksama kalau mau nonton dengan aman... :-d

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Volume Mesin dan Perbandingan Kompresi

Cara Instal Komponen Tambahan Pada Delphi

Cara mudah mengatasi Error Delphi - "Could Not Find Program"