Membuat Kode/Nomor Otomatis di Delphi

Membuat Kode otomatis di delphi
Membuat Kode otomatis di delphi

Membuat Kode/Nomor Otomatis di Delphi - Lama ga posting, mari kembali menulis selagi dikasih pinjam ilmu. Kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan yang sering saya gunakan untuk membuat kode otomatis.

Apakah anda pernah diminta untuk membuat sebuah transaksi yang mengharuskan anda membuat kode otomatis. Seperti membuat nomor surat keluar atau masuk, membuat nomor nota, faktur, transaksi, dll.
Baca juga : Database Aplikasi Delphi Error
Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah menentukan kode otomatis ini berdasarkan apa, pada tutorial kali ini saya menggunakan syarat kode berdasarkan tanggal, bulan dan tahun sekarang, jadi pada tabel transaksi saya membuat field tanggal sebagai perbandingan yang sudah diinput dengan tanggal sekarang.

Kemudian siapkan variabel yang akan kita gunakan untuk menyimpan pemecahan dari tanggal. 

  var
  Yr, Mn, Dy : Word;
  ID : String;

Dan berikut adalah coding untuk membuat kode otomatis tadi

begin
  //kode otomatis
  DecodeDate(DateTimePicker1.Date, Yr, Mn, Dy);
  dm.q_trx.Close;
  dm.q_trx.SQL.Clear;
  dm.q_trx.SQL.Add('Select Top 1 no_nota From nama_tabel');
  dm.q_trx.SQL.Add('Where Year(tgl_nota)='+ inttostr(Yr));
  dm.q_trx.SQL.Add('And Month(tgl_nota)='+ inttostr(Mn));
  dm.q_trx.SQL.Add('And Day(tgl_nota)='+ inttostr(Dy));
  dm.q_trx.SQL.Add('Order by no_nota Desc');
  dm.q_trx.Open;

ID := copy(dm.q_trx.Fields[0].AsString, 8, 3);

If ID <> '' then ID := FormatFloat('000', strtoint(ID) + 1)
    else ID := '001';

ed_no_nota.Text := 'L'+            
            FormatFloat('00', strtoint(copy(inttostr(Yr), 3, 2))) +
            FormatFloat('00', Mn) +
            FormatFloat('00', Dy) + ID;

(NB: perhatikan teks yang berwarna biru, itu adalah nama komponen yang saya gunakan silakan sesuaikan namanya dengan nama komponen di proyek kamu).

Demikian sedikit ilmu yang bisa saya bagi mengenai Membuat Kode/Nomor Otomatis di Delphi, salah khilaf saya mohon maaf, jika ada yang tidak jelas silakan bertanya di kolom komentar.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Volume Mesin dan Perbandingan Kompresi

Cara mudah mengatasi Error Delphi - "Could Not Find Program"

Cara Instal Komponen Tambahan Pada Delphi