Yuk, Memilih Prosessor Yang Sesuai Untuk Keperluan Kamu

Memilih Prosessor Yang Sesuai Untuk Keperluan Kamu
Memilih Prosessor Yang Sesuai Untuk Keperluan Kamu
Yuk, Memilih Prosessor Yang Sesuai Untuk Keperluan Kamu - Prosessor sebagaimana kita tahu (semua sudah taukan apa itu prosessor, kalau ga tau silakan ke Google.com aja ya) memegang perana n paling penting pada sebuah perangkat elektronik, dalam kasus kali ini dalam sebuah komputer (baik itu laptop atau PC). Kenapa kali ini membahas prosessor, karena ini adalah hal klasik yang selalu di-repetisi orang-orang ketika akan membeli/merakit komputer, jadi tidak ada salahnya kali ini saya akan berbagi sedikit informasi mengenai Memilih Prosessor Yang Sesuai Untuk Keperluan Kamu.


Oke, langsung saya. Hampir semua postingan disini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya, jadi kali ini saya juga akan berbagi pengalaman pribadi saya ketika akan memilih prosessor yang sesuai dengan keperluan kita. 

Secara umum (pengalaman pribadi membaca dari forum-forum) prosessor dipilih berdasarkan keperluan gaming atau pekerjaan kantor. Jadi pembahasan kali inipun akan saya persempit menjadi dua kebutuhan diatas :

1. Keperluan Gaming
Ketika kamu memutuskan untuk mencari prosessor yang tepat untuk urusan gaming, hal pertama yang harus kamu tentukan adalah game apa yang akan kamu mainkan, kenapa demikian?. Itu karena game memiliki spek minimum untuk menjalankannya yang berbeda-beda untuk setiap gamenya, jadi ketika sudah menentukan game apa yang akan kamu mainkan, kamu bisa melihat-lihat rincian spek minimumnya.
Jadi tinggal memutuskan apakah prosessor yang akan kamu pilih sudah mencukupi spek minimal dari game tersebut atau belum.

2. Keperluan Kantor
Untuk keperluan kantor yang notabene harus membuka tab window yang banyak, membuka banyak aplikasi secara besamaan, maka prosessor yang sangat saya sarankan adalah prosessor yang memiliki banyak thread untuk menyelesaikan pekerjaan multitasking itu tanpa menimbulkan crash dan lemot pada sistem operasi komputer kalian. Serta prosessor yang memiliki cache yang cukup agar ketika menjalankan aplikasi yang sering dibuka tutup menjadi lebih cepat.

Dan sedikit tips dari saya ketika kamu akan membeli prosessor adalah :
a. sesuaikan budget kalian, jika budget pas-pasan pilih kubu merah, namun jika ada plan untuk upgrade maka saran saya pilih kubu biru yang memiliki soket prosessor sama namun harganya lebih murah, jadi ketika mau upgrade tinggal plug n play aja.
b. pilih yang memiliki banyak thread dan mendukung hyper threading
c. pilih prosessor yang memiliki clock speed tinggi
d. pilih yang mempunyai cache prosessor yang besar untuk mempercepat proses menjalankan aplikasi.

Oke sekian dari saya, jika ada salah khilaf bisa di koreksi pada kolom komentar,
Terima Kasih.


Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Volume Mesin dan Perbandingan Kompresi

Cara Instal Komponen Tambahan Pada Delphi

Cara mudah mengatasi Error Delphi - "Could Not Find Program"