Komputer / Laptop (RIG) Lemot, Periksa Dulu Sebelum Instal Ulang.

komputer / laptop jadi lemot, ini penyebabnya, Komputer / Laptop Lemot, Periksa Dulu Sebelum Instal Ulang
Cek 5 faktor ini sebelum install ulang laptop




Komputer / Laptop Lemot, Periksa Dulu Sebelum Instal Ulang - Setelah sekian lama tidak menulis blog, dikarenakan aktifitas didunia nyata yang padat, akhirnya bisa menyempatkan waktu untuk sekedar menulis pengalaman pribadi mengenai komputer/laptop yang lemot.

Pasti kalian pernah merasa jengkel ketika komputer/laptop (dalam tulisan ini saya sebut RIG saja) kita yang biasa normal dalam hal memproses data/aplikasi namun sekarang terasa begitu lambat atau bahasa sekarang "lemot", dan kalau komputer sedang lemot sedangkan kita harus menyelesaikan tugas yang sudah deadline di ujung tanduk, apa yang bakal anda rasakan, sedih, marah, kecewa, putus asa, atau bagaimana, hihi.

Jadi pada tulisan kali ini, saya akan sedikit berbagi pengalaman untuk menghadapi rig yang lemot tadi, baik secara software maupun hardware.

Pengalaman saya sebagai jurusan komputer, setiap kali orang awam (orang yang tidak terlalu mengerti akan komputer, walaupun dia S.Kom :D) mengalami kendala ini, pikiran pertama mereka adalah "Instal Ulang". Ya, dalam pikiran orang awam, Instal Ulang (Inul) adalah solusi paling cepat dan tepat untuk mengatasi ke"lemot"an rig mereka, padahal belum tentu yang menjadi masalah sistem operasi kalian, bisa jadi hal-hal lain, yuk kita bahas bersama:

1. Kotoran/Debu
Yap, ini adalah musuh utama dari peralatan elektronik bukan cuma rig kita, jadi ketika anda merasa rig anda mulai lemot, yuk dicek lagi kebersihannya, kalau untuk komputer bisa dengan membuka kesing dan melepas partnya dan melakukan bersih-bersih menggunakan kuas, ataupun kompresor dengan kekuatan angin sedang. Setelah selesai coba anda rasakan bedanya :D.

2. File Cache
Berdasarkan pengalaman pribadi, ini juga bikin rig jadi lemot, karena beberapa persen ram ikut memproses file sampah in, jadi ketika sudah selesai streaming film korea dan setelah nangis bombai, jangan lupa di cleaning file cache nya, udah banyak  kok aplikasi-aplikasi cleaning file cache, (andalan saya sih, CCleaner :D).

3. RAM
Yup, part dari rig yang satu ini juga lumayan mempengaruhi kecepatan rig kita dalam memproses suatu data/aplikasi, apalagi aplikasi yang berat, kayak aplikasi desain, editing, dan gaming :D. Zaman sekarang hampir semua rig keluaran baru sudah menyematkan minimal 4GB RAM dikarenakan kebutuhan OS yang sudah mulai rakus akan resource RAM. Jadi ketika anda merasa RAM anda sudah 2 GB, ayuk sekarang saatnya ke toko komputer buat rig kesayangan biar ga lemot lagi.

4. OS
Nah ini, masuk ke urutan no.4 cuy untuk urusan INUL ini, jadi jangan buru-buru inul ya, karena inul ini juga bisa memperpendek usia storage kita juga looh. Yang perlu diperiksa dari sistem operasi kita adalah aplikasi/proses yang mencurigakan yang berjalan di background sistem. Hal ini bisa jadi adalah Malicious Code (kode jahat) bisa juga virus, atau aplikasi-aplikasi yang sebenarnya tidak kita perlukan namun karena berjalan dibackground kita tidak tahu bahwa aplikasi itu jalan otomatis ketika rig pertama dihidupkan. Buka task manager dan pilah pilih nama-nama yang mencurigakan, biasanya bukan berupa kata, namun hurup acak yang tampil, dan itu kemungkinan besar adalah proses yang tidak kita inginkan. jadi silakan stop prosesnya, kemudian pilah-pilih juga aplikasi yang otomatis jalan ketika rig dihidupkan.

5. Harddisk
Bagian dari komputer yang paling dicurigai ketika 4 faktor diatas masih belum membuat rig kita berhenti lemot, untuk mengecek, bisa cari saja digoogle aplikasi untuk tuning harddisk, cek kesehatan harddisk dan lain-lain. Untuk sekarang sebenarnya harddisk mulai ditinggalkan sedikit demi-sedikit dan mulai digantikan perannnya oleh SSD (Solid State Drive) dimana si SSD ini memiliki banyak keunggulan daripada harddisk tradisional (perbedaannya nanti kita bahas di postingan selanjutnya)  yang masih menggunakan disk. Salah satunya dari kecepatan baca tulis nya. Jadi kalau dirasa harddisk dah mulai soak, mending prepare buat ganti sama SSD.

Oke, menurut pengalaman pribadi saya 5 faktor itulah yang harus diperiksa ketika rig kita terasa lemot, jadi ingat, jangan langsung dibawa ke tempat service dan minta install ulang yaaa, mulailah belajar memecahkan masalah kalian sendiri, see you.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Volume Mesin dan Perbandingan Kompresi

Cara Instal Komponen Tambahan Pada Delphi

Cara mudah mengatasi Error Delphi - "Could Not Find Program"