Cara Lengkap nge Root ing Android mu

Cara Lengkap nge Root ing Android mu
Root Handheld Android

Cara Lengkap nge Root ing Android mu - Setelah lama tidak ada menulis artikel yang berkaitan dengan kategori Android kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam nge-Root HandHeld (HH) bersistem operasi robot ijo (Android). Ngomong-ngomong soal android, saya juga memiliki artikel-artikel menarik loh diantaranya:

1. Ini kelebihan sistem operasi Android Marshmallow2. 4 fitur Sistem Android N yang bikin pengguna iPhone gigit jari.3. Error PMT Changed pada saat akan instal Custom ROM dengan SP Flash Tools
Oke lanjut ke pembahasan kita mengenai cara lengkap nge-Root Android kalian. Root-ing hh android dapat  membuat garansi hh kalian void loh, jadi pikirkan sebelum nge-Root hh kalian. 

Alasan untuk root-ing biasanya adalah untuk memindah aplikasi dari memori internal ke memori eksternal, melakukan tweak ke mesin hh kita, melakukkan modding tampilan hh kita, iseng aja :), dan banyak alasan lainnya. Berdasarkan pengalaman saya setidaknya ada 3 (tiga) cara untuk kalian mendapatkan hak akses sebagai root atas HH Android. Cara yang saya maksud adalah :

1. Menggunakan Software pada HH Android.
Kenapa cara ini saya letakkan pada urutan pertama, karena rooting menggunakan metode ini adalah proses yang paling mudah dan sangat saya rekomendasikan. Software yang digunakan ada banyak pilihan dan terpopuler adalah King Root dan Frama Root. Karena saya lebih familiar dan lebih sering berhasil untuk nge-Root menggunakan King Root maka saya merekomendasikan kalian untuk mencoba menggunakan King Root terlebih dahulu.

Cara menggunakannya sangat mudah:
Pertama, download dan instal King Root (Cari di Google aja ya link nya :D).
Kedua, jalankan king root (tinggal ikuti petunjuknya saja)
Ketiga, tunggu proses rooting nya, (king root akan nge-root HH Android kalian secara online jadi pastikan hh kalian terkoneksi dengan jaringan internet)
Keempat, selesai.

NB : Beberapa HH dengan sistem operasi terbaru biasanya belum bisa di root dengan metode ini. Jika King root tidak bisa menemukan teknik root untuk hh kalian biasanya akan ada pesan untuk mengusulkan teknik untuk nge-Root hh kalian, semakin banyak yang meminta maka semakin cepat developer King root membuatkannya.

2. Menggunakan Software pada komputer.
Metode ini memiliki tingkat keberhasilan 100% karena metode ini biasanya sudah teruji di forum XDA. Jikapun gagal biasanya ada solusi akan kegagalan kita :). Software yang pernah saya digunakan adalah SP Flash Tool dan Odin.

SP FlashTool biasanya saya gunakan untuk nge-Root "HH Cina" seperti Lenovo, Evercoss, Mito, dll. Sedangkan Odin biasanya saya gunakan untuk nge-Root HH merk Samsung.
Untuk tutorial lengkap akan saya buat dengan Artikel terpisah. Sedikit bocoran langkah-langkah menggunakan SPFlash Tool adalah :
Pertama, download bahan-bahan (SPFlash Tools, file driver dan file scatter sesuai versi hh, recovery.zip sesuai versi android)
Kedua, instal driver, setelah selesai koneksikan hh ke komputer kalian (HH dalam keadaan mati) dan biarkan komputer menginstal driver untuk hh kalian. Jika driver sudah terinstal lepas hh dari komputer kalian.
Ketiga, buka SPFlash Tools, pilih file scatter jika sudah selesai klik tombol download. Kemudian koneksikan hh ke komputer, dan prosespun dimulai, tunggu sampai tampil tanda conteng hijau besar dan itu artinya metode ini berhasil :).

3. Menggunakan Recovery Menu.
Rooting menggunakan Recovery menu sangat Tidak saya rekomendasikan bagi pemula, karena kesalahan menggunakan metode ini menyebabkan hh kalian Softbrick/bootloop. Untuk masuk kedalam recovery mode tergantung dengan merk dan tipe hh kalian, namun cara standar nya adalah  matikan HH, kemudian tekan tombol volume (+) dan tombol power bersamaan.

Cara lengkap nge-Root dengan metode ini juga akan saya buat di artikel terpisah. Namun saya akan memberikan versi singkatnya saja diartikel ini :).
Pertama, download file recovery.zip sesuai versi android kalian. Jika sudah silakan pindahkan kedalam memory card kalian namun jangan masukkan kedalam folder, cukup diluar drive memory card.
Kedua, masuk kedalam menu recovery dan pilih "install update from sdcard" dan prosespun berjalan.
Ketiga, menunggu keberhasilan  metode ini :).
NB: Pastikan bateri hh kalian diatas 80% sebelum mencoba metode ini.


Itu tadi Artikel mengenai Cara Lengkap nge Root ing Android mu , sekian artikel kali ini terima  kasih sudah mampir untuk membaca.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Volume Mesin dan Perbandingan Kompresi

Cara Instal Komponen Tambahan Pada Delphi

Cara mudah mengatasi Error Delphi - "Could Not Find Program"